Unigal Repository

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas X IPA di SMAN 1 RANCAH Sub Materi Pencemaran Lingkungan)

Show simple item record

dc.contributor.author Sholihah, Elis Siti
dc.contributor.author Rusyana, Adun
dc.contributor.author TOTO
dc.date.accessioned 2022-09-30T04:01:41Z
dc.date.available 2022-09-30T04:01:41Z
dc.date.issued 2022-08-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1990
dc.description.abstract Elis Siti Sholihah. “Pengaruh Model Discovery LearningBerbasisTechnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas X IPA Di SMAN 1 Rancah Sub Materi Pencemaran Lingkungan)”. Penyusun skripsi ini dibawah bimbingan Dr. H. Adun Rusyana, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Dr. H. Toto, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan Model Discovery Learning berbasis TPACK terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan One group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 dengan teknik purposive sampling. Rerata skor pretest yaitu 42,82. Setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis TPACK diperoleh rerata skor posttest 62,58. Kelas X IPA 2, dilihat dari hasil uji normalitas data dan data tersebut berdistribusi normal dengan hasil 11,3. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Z pada taraf 1% . Hasil penelitian ditunjukan Zhitung > Ztabel yaitu Zhitung 2,57 > Ztabel 2,33 artinya pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis TPACK berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: Model Discovery Learning, TPACK, Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Discovery Learning, TPACK, Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas X IPA di SMAN 1 RANCAH Sub Materi Pencemaran Lingkungan) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account