Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg Materi Ekosistem)

Show simple item record

dc.contributor.author PERMATASARI, NOVITA
dc.contributor.author TOTO
dc.contributor.author HARDI, ENDANG
dc.date.accessioned 2022-09-30T03:44:14Z
dc.date.available 2022-09-30T03:44:14Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1986
dc.description.abstract Novita Permatasari. Judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg Materi Ekosistem)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. H. Toto, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing I dan Endang Hardi, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing II. Pembelajaran di Indonesia pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran saat ini tidak cukup hanya dengan memiliki kemampuan mengingat saja namun harus mampu menganalisis, memecahkan masalah, mengidentifikasi serta mengembangkan penalaran yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di Indonesia juga harus mampu mengikuti perkembangan digitalisasi di abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari s.d bulan Juli 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X IPA 1 sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh diolah secara statistik. Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, TPACK en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, TPACK en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg Materi Ekosistem) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account