dc.description.abstract |
Novita Permatasari. Judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian pada
Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg Materi Ekosistem)”. Penyusunan
skripsi ini dibawah bimbingan Dr. H. Toto, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing I
dan Endang Hardi, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing II.
Pembelajaran di Indonesia pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki
kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran saat ini tidak cukup hanya dengan
memiliki kemampuan mengingat saja namun harus mampu menganalisis,
memecahkan masalah, mengidentifikasi serta mengembangkan penalaran yang
dimiliki. Selain itu, pembelajaran di Indonesia juga harus mampu mengikuti
perkembangan digitalisasi di abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis
TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Waktu penelitian
dilaksanakan mulai bulan Januari s.d bulan Juli 2022. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg. Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas X IPA 1 sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian
ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One-Grup
Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan
berpikir kritis berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh diolah secara statistik.
Hasil penelitian yang telah dianalisis menunjukan adanya pengaruh penerapan
model pembelajaran inkuiri berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, TPACK |
en_US |