Unigal Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Pada Kelas XI MIPA di MAN 3 CIAMIS)

Show simple item record

dc.contributor.author AYUNDA, DINDA JUSTIKA
dc.contributor.author Kustiawan, Awang
dc.contributor.author Erlin, Euis
dc.date.accessioned 2022-09-30T03:40:46Z
dc.date.available 2022-09-30T03:40:46Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1985
dc.description.abstract Problem Based Learning berbasis TPACK sudah memiliki tujuan yang sesuai dengan kerakteristik abad 21 yang menuntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Permasalahan yang diuji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Ciamis sebanyak 32 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan Sampling Total. Desain penelitian menggunakan yang digunakan adalah Fre-Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dalam bentuk soal uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Hipotesis (uji Z). Dari uji z tersebut diperoleh Zhitung 2,3 sedangkan Ztabel sebesar 1,65, dengan demikian Zhitung > Ztabel berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pernapasan. Kata kunci : PBL, TPACK, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject PBL, TPACK, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Pada Kelas XI MIPA di MAN 3 CIAMIS) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account