| dc.contributor.author | AYUNDA, DINDA JUSTIKA | |
| dc.contributor.author | Kustiawan, Awang | |
| dc.contributor.author | Erlin, Euis | |
| dc.date.accessioned | 2022-09-30T03:40:46Z | |
| dc.date.available | 2022-09-30T03:40:46Z | |
| dc.date.issued | 2022-08 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1985 | |
| dc.description.abstract | Problem Based Learning berbasis TPACK sudah memiliki tujuan yang sesuai dengan kerakteristik abad 21 yang menuntut memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Permasalahan yang diuji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Ciamis sebanyak 32 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan Sampling Total. Desain penelitian menggunakan yang digunakan adalah Fre-Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dalam bentuk soal uraian/essay. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik yang meliputi uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Hipotesis (uji Z). Dari uji z tersebut diperoleh Zhitung 2,3 sedangkan Ztabel sebesar 1,65, dengan demikian Zhitung > Ztabel berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan model PBL berbasis TPACK terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pernapasan. Kata kunci : PBL, TPACK, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | PBL, TPACK, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi | en_US |
| dc.title | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN (Studi Pada Kelas XI MIPA di MAN 3 CIAMIS) | en_US |
| dc.type | Article | en_US |