dc.description.abstract |
Ayu Wahyuni. Judul Skripsi “Pengaruh Implementasi Model Problem Based
Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan
Masalah (Penelitian Pada Siswa Kelas X MIPA di MA PK Yaba Al-Ma’arif Sub
Materi Pencemaran Lingkungan)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan
Romdah Romansyah, S.Pd., M.Pd., M.Si., sebagai pembimbing I dan Endang
Hardi, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing II.
Pembelajaran sains pada abad ke-21 dituntut untuk mempersiapkan siswa dengan
berbagai keterampilan dan kecakapan seperti berpikir kreatif, inovatif, kritis,
pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, Information and Communication
Technology (ICT) Literacy. Pada pembelajaran sains, hakekatnya harus senantiasa
mengarahkan siswa untuk mengembangkan dan mentransformasikan pengetahuan
yang dimiliki serta mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari guna melatih
siswa berpikir kritis termasuk dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning
berbasis Blended Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa.
Jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Pre-Exsperiment dan
desain penelitiannya One Group Pretest-posttest Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di MA PK Yaba Al-Ma’arif
yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive
Sampling. Jumlah sampel 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes
kemampuan memecahkan masalah berupa soal uraian sebanyak delapan soal.
Analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu
2,5 > 1,65 dengan taraf signifikansi ɑ 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbasis Blended
Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIPA di MA
PK Yaba Al-Ma’arif sub materi pencemaran lingkungan.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Blended Learning, Kemampuan
Memecahkan Masalah |
en_US |