dc.contributor.author |
MEILANI, AMI |
|
dc.contributor.author |
TOTO |
|
dc.contributor.author |
Rachmawati, Jeti |
|
dc.date.accessioned |
2022-09-30T03:23:52Z |
|
dc.date.available |
2022-09-30T03:23:52Z |
|
dc.date.issued |
2022-08-19 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1981 |
|
dc.description.abstract |
Ami Meilani. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis
Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Penelitian pada Siswa Kelas
X IPA di SMA Negeri 1 Baregbeg Sub Materi Pencemaran Lingkungan)”.
Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. H. Toto, M.Pd., sebagai
pembimbing I dan Hj. Jeti Rachmawati, Ir., M.P., sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
berbasis blended learning terhadap motivasi belajar siswa pada sub materi
pencemaran lingkungan. Motivasi belajar merupakan salah satu dari berbagai
faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Sementara motivasi belajar
dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam sebuah
pembelajaran. Oleh sebab itu perlu memilih dan menerapkan model pembelajaran
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan April-Mei 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA
Negeri 1 Baregbeg sebanyak 2 (dua) kelas. Sedangkan sampel yang digunakan
sebanyak 1 (satu) kelas yaitu kelas X IPA 2 yang dipilih dari populasi dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pemilihan sampel
tersebut berdasarkan informasi dari guru biologi bahwa kelas X IPA 2 memiliki
motivasi belajar paling rendah dibandingkan dengan kelas X IPA 1. Metode
penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan jenis penelitian OneGroup Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi
belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik meliputi perhitungan NGain dan Uji Z. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan penggunaan model inkuiri berbasis blended learning terhadap motivasi
belajar siswa pada sub materi pencemaran lingkungan.
Kata Kunci: Inkuiri, Blended learning, Inkuiri berbasis Blended learning,
Motivasi Belajar Siswa |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Inkuiri, Blended learning, Inkuiri berbasis Blended learning, Motivasi Belajar Siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Baregbeg Sub Materi Pencemaran Lingkungan) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |