| dc.contributor.author | CAHYANINGSIH, RINI TRI | |
| dc.contributor.author | TOTO | |
| dc.contributor.author | NURAIDA, IDA | |
| dc.date.accessioned | 2022-09-28T07:22:36Z | |
| dc.date.available | 2022-09-28T07:22:36Z | |
| dc.date.issued | 2022-07 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1937 | |
| dc.description.abstract | RINI TRI CAHYANINGSIH (2118180014) “ Implementasi Model Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa “ Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Exsperimental dengan desain The Non-equivalent Pretest Posttest Countrol Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Ciamis semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, dipilih kelas VIII B yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII A yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes yaitu berupa tes kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji perbedaan dua rerata data N- Gain. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan koneksi matematis antar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci: Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis | en_US |
| dc.title | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA | en_US |
| dc.type | Article | en_US |