dc.contributor.author |
CAHYANINGSIH, RINI TRI |
|
dc.contributor.author |
TOTO |
|
dc.contributor.author |
NURAIDA, IDA |
|
dc.date.accessioned |
2022-09-28T07:22:36Z |
|
dc.date.available |
2022-09-28T07:22:36Z |
|
dc.date.issued |
2022-07 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1937 |
|
dc.description.abstract |
RINI TRI CAHYANINGSIH (2118180014) “ Implementasi Model
Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID) Untuk Meningkatkan
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa “
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara
siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Desain
(MID) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi
Exsperimental dengan desain The Non-equivalent Pretest Posttest Countrol
Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP N 3 Ciamis semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling,
dipilih kelas VIII B yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen
dan Kelas VIII A yang terdiri dari 20 orang siswa sebagai kelas kontrol.
Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes yaitu berupa tes
kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan
untuk menguji hipotesis dengan uji perbedaan dua rerata data N- Gain. Hasil
menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan koneksi
matematis antar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran
Meaningful Instruction Desain (MID) dengan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran
Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PRGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Meaningful Instruction Desain (MID), Pembelajaran Langsung, Kemampuan Koneksi Matematis |
en_US |
dc.title |
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESAIN (MID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |