dc.contributor.author |
Rohayati, Dedeh |
|
dc.date.accessioned |
2019-06-24T05:38:09Z |
|
dc.date.available |
2019-06-24T05:38:09Z |
|
dc.date.issued |
2017-02-10 |
|
dc.identifier.citation |
APA 6th Edition |
en_US |
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/190 |
|
dc.description |
recent e-mail address of the author: dedehrohayati2017@gmail.com |
en_US |
dc.description.abstract |
Laporan penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan 1) tahapan-tahapan metode Project-Based Learning (PBL) dalam pengajaran komunikasi Bahasa Inggris kepada pelaku pemasaran produksi pertanian di daerah objek wisata budaya Ciung Wanara Karangkamulyan; dan 2) bagaimana pendapat mereka mengenai kegiatan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengumpulan data menggunakan jurnal (catatan harian hasil pengamatan tertulis selama kegiatan berlangsung) dan wawancara. Jurnal dianalisa dengan cara menginterpretasikan isinya dan menentukan manisfestasi yang terkandung di dalamnya. Wawancara ditrasnskripsikan, kemudian di kodifikasi dan di interpretasikan sesuai theory.
Sedangkan sampel yang ditentukan secara purposive adalah 5 orang pelaku pemasaran produksi pertanian, khususnnya pedagang kelapa muda, yang berada di daerah objek wisata budaya Ciung Wanara Karangkamulyan di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.
Hasil penelitian ini menggambarkan langkah-langkah metode PBL dalam pengajaran komunikasi Bahasa Inggris kepada pelaku pemasaran produksi pertanian yang terdiri dari empat tahapan: perumusan masalah, perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan penilaian, serta modeling. Selain itu, penelitian ini menjelaskan pendapat mereka mengenai kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan kebutuhan mereka, serta pengaruh kegiatan terhadap kemampuan komunikasi bahasa Inggris mereka seperti kosakata dan ekspresi bahasa Inggris (fungsi bahasa) untuk kegiatan pemasaran. Melalui penelitian ini diharapkan pelaku pemasaran produksi pertanian mampu melakukan komunikasi pemasaran menggunakan bahasa Inggris; serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya komunikasi bahasa Inggris dan motivasi untuk terus belajar Bahasa Inggris di masa mendatang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah bahan rujukan serta memperkaya teori mengenai pengajaran komunikasi bahasa Inggris dan metode Project-Based Learning (PBL). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Fakultas Pertanian Universitas Galuh |
en_US |
dc.publisher |
Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis |
en_US |
dc.subject |
Komunikasi, Pengajaran, Project-Based Learning |
en_US |
dc.title |
Pengajaran Komunikasi Bahasa Inggris kepada para pelaku Pemsaran Produksi Pertanian dengan Metode Project-Based Learning (Studi Kasus di Daerah Objek Wisata Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan Kab. Ciamis) |
en_US |
dc.title.alternative |
Laporan Penelitian Dosen |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |