Unigal Repository

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Suatu Studi Pada Kelurahan Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Faradila, Gina
dc.contributor.author Iskandar, Yusuf
dc.contributor.author Prabowo, FHE
dc.date.accessioned 2022-09-21T04:12:35Z
dc.date.available 2022-09-21T04:12:35Z
dc.date.issued 2022-09-16
dc.identifier.issn 3402180375
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1891
dc.description.abstract Kelurahan Ciamis merupakan instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat dengan cara memberikan pelayanan. Dalam pelaksanaan nya masih terdapat permasalahan yang dihadapi seperti kurang tanggapnya pegawai, perbedaan pemberian pelayanan, pelayanan yang kurang cepat. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana pelayanan di Kelurahan Ciamis; Bagaimana kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis; Bagaiaman pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: pelayanan di Kelurahan Ciamis; kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis; pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kelurahan Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptive perivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah Masyarakat Kelurahan Ciamis, dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Liniear Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengelolaan data secara deskriptif menunjukkan bahwa variabel Pelayanan memiliki interpretasi tinggi dan variabel kepuasan masyarakat memiliki interpretasi tinggi. Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat dengan besarnya pengaruh sebesar 86,49% dan sisanya 13,51% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh positif, kepuasan berpengaruh positif dan pelayanan terhadap kepuasan memiliki pengaruh positif. Dengan demikian, semakin baik pelayanan yang diberikan maka kepuasan masyarakat akan terlampaui sesuai harapan masyarakat. en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat en_US
dc.title PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Suatu Studi Pada Kelurahan Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account