Abstract:
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh
customer relationship management terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen
PT. Pos Indonesia Kota Banjar?2). Bagaimana pengaruh customer value terhadap
kepuasan pelanggan pada konsumen PT. Pos Indonesia Kota Banjar?3).
Bagaimana pengaruh customer relationship management dan customer value
terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen PT. Pos Indonesia Kota Banjar ?.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu : 1). Pengaruh customer
relationship management terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen PT. Pos
Indonesia Kota Banjar. 2). Pengaruh customer value terhadap kepuasan pelanggan
pada konsumen PT. Pos Indonesia Kota Banjar.3). Pengaruh customer
relationship management dan customer value terhadap kepuasan pelanggan pada
konsumen PT. Pos Indonesia Kota Banjar.
Metode yang digunakan peneliti untuk menjawab rumusan masalah yang telah
dikemukakan di atas, penulis menggunakan metode survey. Sedangkan
penggunakaan analisis data yang digunakan adalah analisisi koefisien korelasi,
determinasi, regresi sederhana dan uji t dan uji F
Adapun hasil analisis data tersebut yaitu;1) Customer Relationship Management
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada PT. Pos
Indonesia Cabang Kota Banjar. 2) Customer value berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada Pegawai Badan Pengelolaan
Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis.3) Customer Relationship Management dan
Customer value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan
pada PT. Pos Indonesia Cabang Kota Banjar.
Diharapkan perusahaan lebih bisa meningkatkan Customer Relationship
Management dan Customer value supaya Kepuasan pelanggan pada PT. Pos
Indonesia Cabang Kota Banjar meningkat.