Abstract:
Teknologi sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dijauhkan dari kalangan
masyarakat, pada akhir tahun 2019 muncul sebuah virus baru dari Tiongkok yang
menjadi wabah ke satu dunia virus ini disebut Covid-19. Dengan adanya pandemi
ini terjadi banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya pedagang dalam
memikat konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dan salah satu cara
yang dilakukan yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran
ini dilakukan dengan cara melakukan advertising atau promosi online, strategi
pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga penjualan dapat meningkat.
Kegiatan pemasaran biasanya berhubungan dengan produk,harga dan cara
promosi yang dilakukan. Promosi online ini dilakukan dengan cara melakukan
advertising dan live di Aplikasi TikTok Shop guna menarik perhatian konsumen,
dengan melakukan promosi online tersebut diharapkan penjualan dapat meningkat
terlebih pada masa pandemi ini. Penelitian ini difokuskan pada Peranan
Advertising dengan TikTok Shop dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa
Pandemi (Suatu Studi pada Toko Orenji Fashion Banjar). Permasalahan yang
dihadapi dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana peranan Advertising dalam
meningkatkan penjualan pada masa pandemi di Toko Orenji Fashion Banjar?;
Bagaimana kendala menggunakan TikTok shop dalam meningkatkan penjualan di
Toko Orenji Fashion Banjar?; Bagaimana mengatasi kendala dalam meningkatkan
penjualan pada masa pandemi di Toko Orenji Fashion Banjar?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Peranan Advertising
dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi di Toko Orenji Fashion
Banjar; Kendala menggunakan TikTok shop dalam meningkatkan penjualan di
Toko Orenji Fashion Banjar; Mengatasi kendala dalam meningkatkan penjualan
pada masa pandemi di Toko Orenji Fashion Banjar. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif.
Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan sumber data sekunder
diperoleh melalui literatur, buku dan dokumen yang mendukung. Dengan jumlah
informan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa advertising atau
promosi online yang dilakukan Toko Orenji sudah cukup baik, namun dalam
situasi seperti saat ini terlebih adanya pandemi covid-19 Toko Orenji harus
melalukan promosi online dengan cara yang berbeda seperti melakukan
advertising dan live di Aplikasi TikTok. Diharapkan Toko Orenji Fashion Banjar
dapat memperbaiki proses advertising atau promosi online yang dilakukan pada
Aplikasi TikTok Shop guna tercapainya target penjualan sehingga terjadinya
peningkatan penjualan terlebih pada masa pandemi ini.