Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Experiental Marketing dan Fasilitas
Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung (Suatu Studi Pada Pengunjung Wisata
Pasir Pataya Ciakar Tasikmalaya).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana
Pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan Pengunjung Pasir Pataya
Ciakar ?; 2). Bagaimana Pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan
Pengunjung Pasir Pataya Ciakar ?; 3). Bagaimana Pengaruh Experiental
Marketing dan Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Pasir Pataya
Ciakar ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh
Experiental Marketing terhadap Kepuasan Pengunjung Pasir Pataya Ciakar; 2).
Untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung
Pasir Pataya Ciakar; 3). Untuk mengetahui pengaruh Experiental Marketing dan
Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Pasir Pataya Ciakar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif dan analisis verifikatif. Untuk manganalisis data
yang diperoleh menggunanakan analisis Koefisien Korelasi, Regresi Berganda,
Determinasi, Uji t dan Uji F.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Experiental
Marketing dan Fasilitas Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Pengunjung di Pasir Pataya Ciakar dengan pengaruh sebesar 60,7% dan
sisanya sebesar 39,3% disebabkan oleh faktor lain. Untuk hasil analisis Koefisien
Korelasi Berganda pada penelitian ini sebesar 0,779 yang artinya pengaruh
Experiental Marketing dan Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Pasir
Pataya Ciakar kuat. Dan dari hasil persamaan regresinya yaitu : Y’ = 3,014 + +
yang artinya apabila X1 bertambah 1 maka Y akan mengalami kenaikan sebesar
0,231, begitupun dengan X2, apabila bertambah 1 maka Y akan mengalami
kenaikan sebesar 0,670. Dan untuk hasil Uji F pada penelitian ini menunjukan
bahwa 74,863 lebih besar dari pada 3,090 yang artinya terdapat pengaruuh yang
positif dan signifikan. Sehingga dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat
diterima atau teruji kebenarannya.
Diharapkan Pasir Pataya Ciakar memaksimalkan kembali experiental marketing
dan fasilitas wisata untuk lebih meningkatkan rasa kepuasan pada pengunjung.