Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena perilaku ketidak jujuran yang setiap saat muncul dalam kehidupan sehari-hari baik di kalangan mahasiswa, masyarakat umum, dilingkungan akademisi, dan lingkungan aparatur negara dan pemerintahan. Hal ini kalau dibiarkan akan berdampak negatif baik untuk dirinya sendiri, keluarga bahkan merugikan masyarakat Indonesia di masa akan datang. Tujuan penelitian ini terwujudnya draft atau rancangan model bimbingan dan konseling Cognitive behavior theraphy untuk memfasilitasi pengembangan karakter jujur mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menghasilkan draft atau rancangan model bimbingan dan konseling cognitive behavior theraphy untuk pengembangan karakter jujur mahasiswa Universitas Galuh meliputi; Rasional, Visi Misi, Tujuan, Asumsi Dasar, Pendekatan dan Strategi, Prosedur Pelaksanaan, Kompetensi Konselor, Implementasi, Penilaian. Kontribusi dari penelitian ini adalah dihasilkannya draft atau rancangan model bimbingan dan konseling Cognitive behavior therapy untuk pengembangan karakter jujur mahasiswa yang perlu ditindaklanjuti dengan duji kelayakannya serta keefektifannya sehingga betul-betul layak digunakan sebagai salah satu model yang dapat digunakan konselor dilingkungan perguruan tinggi ksususnya di FKIP Universitas Galuh.