Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Faktor-faktor Yang Dapat Meningkatkan
Penjualan Bahan Pangan Pada Pasar Tradisional di Masa Transisi Pandemi Covid-
19 (Suatu Studi pada Perdagangan Pasar Tradisional Di Kecamatan Sindangkasih)).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Faktor-faktor apa
saja yang dapat meningkatkan penjualan secara umum?; 2]. Faktor-faktor apa saja
yang dapat meningkatkan penjualan bahan pangan di pasar tradisioanal?; 3]. Apa
saja faktor internal dan eksternal yang dapat meningkatkan penjualan bahan
pangan dipasar tradisional di masa pandemi Covid-19?. Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Untuk mengetahui analisis
faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan penjualan secara umum; . 2].
Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan penjualan
bahan pangan dipasar tradisional; . 3]. Untuk mengetahui apa saja faktor internal
dan eksternal yang dapat meningkatkan penjualan bahan pangan di pasar
tradisional di masa pandemi Covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
menggunakan teknik analisis triangulasi.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa faktor-faktor yang
dapat meningkatkan penjualan ada 2 macam, yaitu faktor internal dan eksternal.
Faktor internal meliputi 1]. Kondisi dan Kemampuan Penjual; 2]. Jenis
Karakteristik yang ditawarkan; 3]. Harga Produk; 4]. Syarat penjualan
(Pembayaran); 5]. Modal; 6]. Kondisi Organisasi Perusahaan; 7]. Promosi.
Diharapkan Pasar Tradisional Kecamatan Sindangkasih khusunya pedagang dapat
meningkatkan penjualan dengan cara yang inovatif, harga yang bersahabat dan
yang lainnya. Selain itu, dalam kebersihan pasar Sindangkasih juga harus ada
pembenahan agar lebih bersih lagi.