Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh iklan televisi dan harga terhadap
keputusan pembelian (Studi pada Dealer Daya Motor Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pengaruh
iklan televisi terhadap keputusan pembelian di Dealer Daya Motor Ciamis?2)
Bagaimana Pengaruh harga terhadap keputusan pembelianDealer Daya Motor
Ciamis?3)Bagaimana Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan
pembelian di Dealer Daya Motor Ciamis?
Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden karena
populasinya sebanyak 500 konsumen, yaitu konsumen yang berbelanja di Dealer
Daya Motor Ciamis dari bulan januari sampai desember pada tahun 2021, sampel
dihitung berdasarkan rumus slovin. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu
analisis koefisien korelasi product moment, koefisien determinasi, uji t, analisis
regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil
penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa iklan televisi dan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian diDealer Daya
Motor Ciamis dengan besar pengaruh 49,84% dipengaruhi oleh iklan televisi dan
harga, sedangkan sisanya sebasar 50,16%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti. Dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian di Dealer Daya Motor
Ciamis sebaiknya lebih memperhatikan lagi dalam hal model iklan, karena faktor
tersebut sangat penting untuk menarik konsumen dalam pembelian, serta lebih
memperhatikan lagi dalam aspek persepsi harga dalam pemahaman konsumen
mengenai harga yang ditawarkan agar meningkatnya persepsi harga sepeda motor
Honda Beat di benak para konsumen, sehingga dapat meningkatkan keputusan
pembelian.