Abstract:
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu
Berdasarkan tabel 1.1 diatas dapat diketahui bahwa minat beli konsumen masih
terbilang rendah hal tersebut terlihat dari total skor yang didapat sebesar 549 dari
skor 750, yang artinya belum memenuhi skor ideal dari yang ditentukan Dengan
demikian minat beli Toserba Pajajaran Ciamis belum optimal.Adapun wawancara
penulis dengan konsumen di Toserba Pajajaran Ciamis menyebutkan belum
tercapainya minat beli dikarenakan kurangnnya komunikasi pemasaran terpadu
secara baik.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh
Komuikasi Interpersonal terhadap Minat Beli Konsumen pada Toserba Pajajaran
Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh Komunikasi Nonverbal terhadap Minat Beli
Konsumen pada Toserba Pajajaran Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh Komunikasi
Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal terhadapMinat Beli Konsumen pada
Toserba Pajajaran Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Berapa
besar pengaruh komunikasi interpersonal terhadap minat beli konsumen pada
Toserba Pajajaran Ciamis. 2) Berapa besar pengaruh komunikasi nonverbal
terhadap minat beli konsumen pada Toaerba Pajajaran Ciamis. 3) Berapa besar
pengaruh komunikasi interpersonal dan komunikasi nonverbal terhadap minat beli
konsumen pada Toserba Pajajaran Ciamis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey yang
bersifat deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana hasil penelitian
diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Sedangkan analisis data yang
digunakan yaitu analisis koefisien koelasi sederhana, analisis koefesien korelasi
berganda, analisis determinasi, uji T, dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa. 1).
Komunikasi Interpersonal berpengaruh terhadap Minat Beli. 2). Komunikasi
Nonverbal secara parsial juga berpengaruh terhadap Minat Beli. 3). Secara
Simultan baik Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Nonverbal bersama-
sama berpengaruh terhadap Minat Beli.