Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh revisit intention pada wisatawan Pantai
Pangandaran belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari masih
adanya keluhan wisatawan mengenai harga tarif fasilitas yang tinggi dan, keluhan
akan kebersihan area pantai, keluhan akan jarak aman area berenang di pantai
serta wisatawan menyayangkan bangunan pemerintahan yang kurang terawat. Hal
tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya customer perceived value dan customer
experience. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana
pengaruh customer perceived value terhadap revisit intention pada wisatawan
Pantai Pangandaran?; 2) Bagaimana pengaruh customer experience terhadap
revisit intention pada wisatawan Pantai Pangandaran?; 3) Bagaimana pengaruh
customer perceived value dan customer experience terhadap revisit intention pada
wisatawan Pantai Pangandaran? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini wisatawan pada objek wisata Pantai Pangandaran periode bulan
Januari-Desember 2021 yaitu sebanyak 2.516.065 orang, ukuran sampel yang
dipilih adalah sebanyak 100 orang menggunakan simple random sampling. Dalam
penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi
kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Hasil penelitian sebagai berikut:
1) Customer perceived value selama ini sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil
pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh customer perceived value
terhadap revisit intention pada wisatawan objek wisata Pantai Pangandaran.
Artinya apabila customer perceived value wisatawan sudah baik, maka revisit
intention wisatawan akan meningkat; 2) Customer experience wisatawan Pantai
Pangandaran selama ini sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh customer experience terhadap revisit
intention pada wisatawan objek wisata Pantai Pangandaran. Artinya apabila
customer experience wisatawan sudah baik, maka revisit intention wisatawan
akan meningkat; 3) Revisit intention wisatawan selama ini adalah tinggi. Begitu
pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh dan
signifikan customer perceived value dan customer experience terhadap revisit
intention pada wisatawan Pantai Pangandaran. Artinya apabila customer
perceived value dan customer experience wisatawan sudah baik, maka revisit
intention wisatawan akan meningkat.