Abstract:
Persaingan antar pelaku bisnis yang semakin luas, menuntut para pelaku bisnis
untuk menerapkan strategi supaya usaha yang lakukan terus tumbuh. Strategi
promosi dalam pemasaran yang sering digunakan dan cukup tepat digunakan di
era digital saat ini adalah Viral Marketing dan endorser.Viral marketing
merupakan strategi yang lebih sulit diprediksi dibandingkan strategi pemasaran
lainnya. Penyebaran konten viral tidak selalu dianggap positif, apalagi jika sudah
menjadi perbincangan konsumen. Dan juga endorser tidak selalu berjalan dengan
lancar bagi pemiliknya karena influencer dan selebriti yang di enodrser juga
mempromosikan produk lain yang akan menyebabkan konsumen beralih produk.
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Viral Marketing dan Endorser terhadap
Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Scarlett Whitening di Toko
Moochi.id Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi:
Bagaimana pengaruh viral marketing terhadap keputusan pembelian pada Toko
Moochi.id Ciamis?; Bagaimana pengaruh endorser terhadap keputusan pembelian
pada Toko Moochi.id Ciamis?; Bagaimana pengaruh viral marketing dan endorser
terhadap keputusan pembelian pada Toko Moochi.id Ciamis?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh viral
marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen scarlett whitening di
Toko Moochi.id Ciamis; Pengaruh endorser terhadap keputusan pembelian pada
konsumen scarlett whitening di Toko Moochi.id Ciamis; Pengaruh viral
marketing dan endorser terhadap keputusan pembelian pada konsumen scarlett
whitening di Toko Moochi.id Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survei dengan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan
jumlah populasi sebanyak 730 dan sampelnya sebanyak 88 orang konsumen.
Sedangkan penggunaan analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien
korelasi, determinasi, regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian dan
pengolahan data menunjukan bahwa Viral Marketing terhadap Keputusan
Pembelian pada Toko Moochi.id Ciamis adalah sebesar 42,64% sementara
57,36% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; Endorser terhadap
Keputusan Pembelian pada Toko Moochi.id Ciamis adalah sebesar 29,59%
sementara 70,41% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti; Viral
Marketing dan Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Moochi.id
Ciamis adalah sebesar 46,65% sementara 53,35% sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diteliti. Diharapkan Toko Moochi.id Ciamis meningkatkan strategi
viral marketing dan endorser sehingga akan lebih meningkatkan keputusan
pembelian.