Abstract:
Salsabila Rahadatul Aisy, NIM. 3402180415. “Pengaruh Sales Promotion dan
Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di Marketplace
Shopee (Suatu Studi pada Produk Kanayyshop)”. Dibawah bimbingan
Bapak Dr. Nana Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Bapak H. Iwan
Setiawan, S.E. M.M. (Pembimbing II). Penelitian ini mengacu pada perilaku
konsumen dalam melakukan suatu pembelanjaan dengan spontan tanpa
memikirkan kegunaannya dalam jangka panjang, dengan faktor pemicu sales
promotion dan hedonic shopping motivation. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Shopping
Motivation Terhadap Impulse Buying Produk Kanayyshop pada Marketplace
Shopee. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sales
Promotion dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Produk
Kanayyshop pada Marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini sebanyak 33.300 orang dan sampel dalam penelitian ini
diambil yaitu sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian dan pengolahan data
menunjukkan bahwa pengaruh sales promotion dan hedonic shopping motivation
terhadap impulse buying produk Kanayyshop pada marketplace Shopee adalah
sebesar 49% sementara 51% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti. Hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,702 termasuk kategori
hubungan yang kuat. Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil F hitung
sebesar 47,22 lebih besar dari F tabel sebesar 3,09 maka hipotesis yang peneliti
ajukan yaitu sales promotion dan hedonic shopping motivation berpengaruh
terhadap impulse buying terbukti kebenarannya.