Abstract:
Masalah yang melatar belakangi penelitian ini, siswa masih lambat dalam
menerima pelajaran dan kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir
kritis berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.Salah satu alternatif
meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah menerapkan model pembelajaran
Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di
SMP Terpadu Al Hasan. Waktu penelitian yaitu bulan maret-Juli 2021. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Terpadu Al Hasan. Sampel yang
digunakan siswa kelas VII B sebanyak 30 orang. Desain penelitian ini
menggunakan one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan
metode quasi experimental. Instrument yang digunakan adalah soal. Data yang
diperoleh diolah secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh
dari penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa.