| dc.contributor.author | RAHAYU, YUYU | |
| dc.contributor.author | Erlin, Euis | |
| dc.contributor.author | Sopyan, Taupik | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-12T03:23:08Z | |
| dc.date.available | 2022-08-12T03:23:08Z | |
| dc.date.issued | 2021-06 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1630 | |
| dc.description.abstract | Self efficacy merupakan faktor psikologis dalam diri siswa yang memiliki peran untuk mempengaruhi hasil belajar kognitifnya. Siswa yang memiliki self efficacy tinggi akan mencapai hasil belajar kognitif yang tinggi pula begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi fungi. Waktu penelitian dari bulan Februari sampai bulan Juli 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel yang digunakan siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan angket self efficacy dan dokumentsi hasil penilaian kognitif materi fungi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi fungi. Hal ini ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,864 yang artinya berkorelasi sangat tinggi dan thitung ≥ ttabel, yaitu 10,07 ≥ 2,04 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS | en_US |
| dc.subject | self efficacy, hasil belajar kognitif, fungi | en_US |
| dc.title | HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FUNGI (DI SMAN 1 CIHAURBEUTI) | en_US |
| dc.type | Article | en_US |