Abstract:
Self efficacy merupakan faktor psikologis dalam diri siswa yang memiliki peran
untuk mempengaruhi hasil belajar kognitifnya. Siswa yang memiliki self efficacy
tinggi akan mencapai hasil belajar kognitif yang tinggi pula begitupun sebaliknya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan
hasil belajar kognitif siswa pada materi fungi. Waktu penelitian dari bulan Februari
sampai bulan Juli 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel yang
digunakan siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan angket self efficacy dan
dokumentsi hasil penilaian kognitif materi fungi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan
hasil belajar kognitif siswa pada materi fungi. Hal ini ditunjukan dengan nilai
korelasi sebesar 0,864 yang artinya berkorelasi sangat tinggi dan thitung ≥ ttabel, yaitu
10,07 ≥ 2,04 pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat hubungan yang positif dan
signifikan.