dc.description.abstract |
Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dari pendapat para
tokoh-tokoh dapat kita simpulkan bahwa Contextual teaching and learning (CTL)
adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang
diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam
kehidupan sehari-hari. Ditinjau dari segi bahasa, hasil belajar diartikan sebagai
hasil yang dicapai seseorang yang ditunjukkan oleh apa yang telah digunakan
sebagai alat ukur untuk melihat tingkat keberhasilan setelah melakukan usaha
tertentu. Bioteknologi merupakan salah satu pembelajaran biologi dalam
penggunaan makhluk hidup dan proses didalamnya untuk menghasilkan produk
tertentu. Bioteknologi memanfaatkan bakteri, ragi, alga, sel tumbuhan, atau
jaringan hewan. Penerapan bioteknologi memadukan berbagai disiplin ilmu,
seperti mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi molekuler, kimia, rekayasa
proses, dan teknik kimia. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil
belajar siswa pada materi bioteknologi di MAN 1 Pangandaran. Penelitian
dilaksanakan pada bulan April 2021. Subjek penelitian ini adalah dokumen hasil
belajar siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan
dokumen hasil belajar siswa model Contextual teaching and learning (CTL),
pedoman wawancara, observasi, serta beberapa dokumen lain yang dapat
mempengaruhi hasil belajar diantaranya RPP, bahan ajar yang digunakan, serta
media pembelajaran. Teknis analisis data melalui reduksi, menyajikan data, dan
analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL)
berada dalam kategori baik. Ketercapaian tersebut tentunya tidak terlepas dari
berbagai faktor baik dalam diri siswa maupun dari lingkungan belajar. |
en_US |