Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh dan mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring
terhadap hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen.
Desain penelitian atau rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain penelitian quasi eksperimen yaitu rancangan one group pretest posttet (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Instrumen yang digunakan adalah tes
yang terdiri dari butir soal pretest dan posttest. Subjek penelitian berjumlah 28
siswa kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Pesantren Pembangunan. Tes ini diberikan
dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 item soal dengan indikator
Taksonomi Bloom revisi. Hasil uji reliabilitas soal pretest dan posttest
menunjukkan nilai Alpha Cronbach = 0,88 yang termasuk dalam kategori
reliabilitas sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang
telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara daring tidak berpengaruh
terhadap hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas
menunjukan data berdistribusi tidak normal yang dibuktikan dengan nilai χ² Hitung >
χ² table yaitu 102,26 > 7,81. Dari data uji hipotesis dengan menggunakan uji median
di peroleh Whitung 163 dan Wtabel 116,94, sehingga Whitung>Wtabel artinya penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division secara
daring pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Pesantren
Pembangunan Majenang tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.