Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN DISCORD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI ALAT INDRA (KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWALI)

Show simple item record

dc.contributor.author KURNIA SEPTIANI, HIKMAH
dc.contributor.author Romansyah, Romdah
dc.contributor.author Yulisma, Lia
dc.date.accessioned 2022-08-12T03:10:41Z
dc.date.available 2022-08-12T03:10:41Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1625
dc.description.abstract Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring akibat pandemi COVID-19 menjadi tantangan seluruh guru di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Discord terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Sub Materi Alat Indra (Kelas XI SMA Negeri 1 Kawali). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttet. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 20 butir soal pretest dan posttest (multiple choice) dengan indikator Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif yaitu C1, C2, C3, C4, dan C5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 212 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 berjumlah 34 orang diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah N Gain, Uji Normalitas, dan Uji-Z. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat diketahui bahwa perolehan nilai < , dimana memiliki nilai 0,20 < 1,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Discord terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi Alat Indra (Kelas XI SMA Negeri 1 Kawali). en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS en_US
dc.subject Discord, Hasil Belajar Kognitif, Contextual Teaching and Learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN DISCORD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI ALAT INDRA (KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWALI) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account