Abstract:
Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring akibat pandemi
COVID-19 menjadi tantangan seluruh guru di Indonesia. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching
and Learning Berbantuan Discord terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada
Sub Materi Alat Indra (Kelas XI SMA Negeri 1 Kawali). Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen. Desain
penelitian dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttet. Instrumen yang
digunakan adalah tes yang terdiri dari 20 butir soal pretest dan posttest (multiple
choice) dengan indikator Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif yaitu C1, C2,
C3, C4, dan C5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 1 Kawali tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 212 orang.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 berjumlah 34 orang diambil
dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah N Gain, Uji Normalitas, dan Uji-Z. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian
hipotesis maka dapat diketahui bahwa perolehan nilai < , dimana
memiliki nilai 0,20 < 1,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat
pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan
Discord terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi Alat Indra (Kelas XI
SMA Negeri 1 Kawali).