Abstract:
rangkat laboratorium yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Suatu laboratorium dapat dikelola dengan baik ditentukan dari beberapa faktor
yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Berdasarkan hasil observasi SMP
Negeri 1 Banjar memiliki laboratorium IPA yang terpisah yaitu laboratorium
biologi dan laboratorium fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengelolaan laboratorium IPA dalam meningkatkan mutu pembelajaran IPA di
SMP Negeri 1 Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Populasi target penelitian ini
adalah situasi sosial SMP Negeri 1 Banjar yang berkaitan dengan pengelolaan
laboratorium IPA serta aktifitas yang ada didalamnya. Tenik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan triangulasi. Dari hasil
penelitian secara umum pengelolaan laboratorium IPA meliputi : 1) Perencanaan,
2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) pengawasan, sudah terlaksana dengan
baik. Namun, masih belum memenuhi semua kriteria yang tercakup dalam
perangkat pengelolaan laboratorium.