Abstract:
RINDA IMAN SARI, NIM. 2124170060. Skripsi ini berjudul “Hubungan Antara Kemampuan Kognitif Dengan Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket”. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Bapak Andang Rohendi, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ruli Sugiawardana, M.Pd., selaku pembimbing II.
Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Hubungan Antara Kemampuan Kognitif Dengan Keterampilan Teknik Dasar Bola Basket”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif dengan keterampilan teknik dasar dalam olahraga bola basket pada siswa SMA Ahmad Yani Karangpucung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur atau path analisys.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Ahmad Yani Karangpucung, dengan jumlah 40 orang. Sampel diambil siswa putra kelas VIII sebanyak 30 orang. Kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika – t1 – 1⁄2α < t < t1 - 1⁄2α dimana t1 - 1⁄2α didapat dari daftar distribusi t dengan dk = (n-1) dan peluang (1- 1⁄2α), untuk harga-harga lainnya ditolak. Dari tabel diatas ternyata thitung memiliki nilai 2,27dan 2,72 lebih besar dari ttabel dalam taraf kepercayaan 0,95 dengan dk = 14 atau dapat dinyatakan dalam statistik : -1.76>2,27 dan 2,72> 1.76. Artinya hipotesis nol ditolak, atau terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe stad dan model pembelajaran direct instruction terhadap peningkatan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing.
Hasil Penelitian yang dilakukan oleh penulis yang dikemukakan dalam BAB IV, diambil kesimpulan bahwa:
Model pembelajaran kooperatif tipe stad memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing.
Model direct instruction memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan model direct instruction terhadap peningkatan keterampilan passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing