Unigal Repository

PENGGUNAAN TEKNIK SHOW NOT TELL (SNT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NURUL FIRDAUS TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Naily
dc.contributor.author Jahrudin, Ending
dc.contributor.author Hidayat, Taufik
dc.date.accessioned 2022-08-10T06:30:47Z
dc.date.available 2022-08-10T06:30:47Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1601
dc.description.abstract Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan pemerintah juga menghendaki terwujudnya kemampuan siswa dalam menulis teks. Salah satu jenis teks yang harus dikuasai yaitu teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang diberi perlakuan menggunakan teknik pembelajaran show not tell berbantuan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nurul Firdaus. Penelitian ini dilakukan karena melihat keterampilan menulis teks di sekolah masih sangat rendah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design, dalam bentuk desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Firdaus sebanyak 15 orang. Proses pembelajaran dengan menggunakan teknik show not tell berbantuan media gambar seri yaitu; pertama guru memperlihatkan sebuah gambar seri dan semua siswa mengamatinya, kedua guru meminta siswa untuk mendaftarkan kalimat yang memberitakan dari setiap gambar, ketiga guru menyuruh siswa merubah kalimat menjadi paragraf, setelah itu hasil pekerjaannya dikumpulkan. Hasil penelitian ini ditunjukan dari uji hipotesis menggunakan SPSS 25 melalui uji statistic independen sample T Test dalam mengukur kemampuan siswa menulis teks eksplanasi dengan nilai yang sudah termasuk kategori mampu. Hal ini menunjukkan setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi setelah diberi perlakuan dengan menggunakan teknik show not tell berbantuan media gambar seri. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS en_US
dc.subject teknik show not tell, gambar seri, kemampuan menulis, teks eksplanasi en_US
dc.title PENGGUNAAN TEKNIK SHOW NOT TELL (SNT) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NURUL FIRDAUS TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account