Abstract:
Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Kurikulum
2013 yang telah diberlakukan pemerintah juga menghendaki terwujudnya
kemampuan siswa dalam menulis teks. Salah satu jenis teks yang harus
dikuasai yaitu teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang diberi perlakuan
menggunakan teknik pembelajaran show not tell berbantuan media gambar seri
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nurul Firdaus. Penelitian ini
dilakukan karena melihat keterampilan menulis teks di sekolah masih sangat
rendah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan
menggunakan desain penelitian pre-eksperimen design, dalam bentuk desain
one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Nurul Firdaus sebanyak 15 orang. Proses pembelajaran dengan menggunakan
teknik show not tell berbantuan media gambar seri yaitu; pertama guru
memperlihatkan sebuah gambar seri dan semua siswa mengamatinya, kedua
guru meminta siswa untuk mendaftarkan kalimat yang memberitakan dari
setiap gambar, ketiga guru menyuruh siswa merubah kalimat menjadi paragraf,
setelah itu hasil pekerjaannya dikumpulkan. Hasil penelitian ini ditunjukan dari
uji hipotesis menggunakan SPSS 25 melalui uji statistic independen sample T
Test dalam mengukur kemampuan siswa menulis teks eksplanasi dengan nilai
yang sudah termasuk kategori mampu. Hal ini menunjukkan setelah diberi
perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam
menulis teks eksplanasi setelah diberi perlakuan dengan menggunakan teknik
show not tell berbantuan media gambar seri.