Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Berpikir
Kreatif Siswa setelah diterapkannnya Model Pembelajaran Mind Mapping .
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya
menggunakan One Group Pretest-posttest yang memberikan satu perlakuan
terhadap subjek yang sama berupa penggunaan Model Pembelajaran Mind
mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1
Sukadana dengan melalui media pembelajaran daring menggunakan aplikasi
Google Meeting dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan tehnik purpose
sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 20
siswa untuk dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah
pretest-posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir
kreatif siswa melalui media pembeajaran daring dengan mengggunakan aplikasi
Google Meeting.