Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang
dialami siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika
tingkat SMP ditinjau dari kemampuan self-efficacy siswa. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa SMP N yang berada di Kecamatan Padaherang. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, angket dan
wawancara. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi
data, sajian data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kategori self-efficacy tinggi memiliki
kesulitan pemahaman konsep pada indikator menyatakan ulang sebuah
konsep dan memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep. (2) siswa
dengan kategori self-efficacy sedang memiliki kesulitan pemahaman konsep
pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengembangkan syarat
perlu dan syarat cukup suatu konsep, mengelompokkan suatu objek
berdasarkan jenisnya sesuai dengan sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep
dalam bentuk representasi matematis, menggunakan, memanfaatkan dan
memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengklasifikasikan konsep atau
algoritma pemecahan masalah. (3) siswa dengan kategori self-efficacy rendah
memiliki kesulitan pemahaman konsep pada semua indikator pemahaman
konsep.