dc.contributor.author |
NOVIANTI, RIKA |
|
dc.contributor.author |
Rusyana, Adun |
|
dc.contributor.author |
Yulisma, Lia |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-10T02:46:17Z |
|
dc.date.available |
2022-08-10T02:46:17Z |
|
dc.date.issued |
2021-08 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1594 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem
Based Learning melalui Google Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa pada sub Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Kawali. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Design.
Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design.
Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 1 Kawali yang berjumlah 216
siswa. Sample penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah 36 siswa.
dengan teknik pengambilan sample secara purposive sampling. Instrumen yang
digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis, dengan mengacu pada indikator
berpikir kritis menurut Piaw yaitu inferensi, mengenal asumsi, dan interpretasi.
Data yang diperoleh diolah secara statistik. Hasil perhitungan uji Z (α = 5% ) pada
nilai gain diperoleh nilai z hitung sebesar 1,92>1,64. Kesimpulan yang diperoleh
adalah penerapan Model Problem Based Learning melalui Google Classroom
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub Materi Pencemaran
Lingkungan di SMA Negeri 1 Kawali berpengaruh terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS |
en_US |
dc.subject |
PBL, Keterampilan Berpikir kritis, Google Classroom |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 KAWALI |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |