dc.contributor.author |
MARWAH FIQRIAH, ELIS |
|
dc.contributor.author |
Warsono |
|
dc.contributor.author |
Toto |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-10T02:34:00Z |
|
dc.date.available |
2022-08-10T02:34:00Z |
|
dc.date.issued |
2021-08-06 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1592 |
|
dc.description.abstract |
Rendahnya keterampilan berpikir siswa disebabkan karena pembelajaran biologi
selama ini masih menggunakan metode yang berpusat pada guru seperti ceramah.
Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran untuk mengembangkan sendiri
pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
model Problem Based Learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Rahman Tasikmalaya tahun ajaran
2020/2021 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan desain one group pretest postest design. Populasi seluruh siswa kelas X hanya ada 1 kelas yang digunakan
sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh yang terdiri dari 29 siswa. Dari data
yang didapat diolah secara statistik menggunakan uji z. Dari uji z tersebut
diperoleh Zhitung sebesar 3,25 sedangkan Ztabel sebesar 2,33, dengan demikian
Zhitung > Ztabel berarti terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa, dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH CIAMIS |
en_US |
dc.subject |
Problem Based Learning, edmodo, keterampilan berpikir kritis |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MA ALRAHMAN TASIKMALAYA |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |