Abstract:
Penelitian ini di fokuskan pada Pengaruh Customer Relationship Management dan
Corporate Social Responsibility terhadap Customer Loyalty Toserba Gunasalma 1
Kawali (Suatu Studi pada Pelanggan Toserba Gunasalma 1 Kawali.Permasalahan
yang dihadapi pada penelitian ini meliputi:1).Bagaimana pengaruh customer
relationship management terhadap customer loyalty Toserba Gunasalma 1
Kawali?;2).Bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap
Customer Loyalty Toserba Gunasalma 1 Kawali ?;3).Bagaimana pengaruh
Customer Relationship Management dan Corporate Social Responsibility
terhadap Customer Loyalty Toserba Gunasalma 1 Kawali ?.Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui 1).Pengaruh Customer Relationship
Management (CRM) terhadap customer loyaty di Toserba Gunasalma;
2).Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap customer loyalty Toserba
Gunasalma; 3).Pengaruh Customer Relationship Management dan Corporate
Social Responsibility terhadap customer loyaalty di Toserba Gunasalma.Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan
kuantitatif dengan jumlah senpel sebanyak 97 orang responden dan pemecah
masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan menggunakan analisis statistik
berdasarkan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dari
subyek penelitian. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa
customer relationship management dan corporate social responsibility
berpengaruh positif terhadap customer loyalty di Toserba Gunasalma 1 Kawali
dengan besarnya pengaruh 9,9% sedangkan 90,1% lainnya dipengaruhi oleh
faktor lain. Diharapkan Toserba Gunasalma 1 Kawali lebih meningkatkan dan
memperhatikan customer relationship management dan corporate social
responsibility sehingga akan meningkatkan loyalitas konsumen.