Abstract:
YUSEF APRILIAN SAEFULLOH. (2118170044). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software MATLAB Pada Materi Matriks.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab pada materi matriks. Adapun metode penelitian yakni metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postest, dengan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab lebih baik dari pada kelas kontrol. dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,49. Artinya pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Kelas kontrol dengan pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,24. Artinya pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, Software Matlab, Matriks