dc.description.abstract |
ABSTRAK
RENI YULIANTI, 2108170054, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS Skripsi ini berjudul Penggunaan
Penggunaan Media Pembelajaran Kalimat Pada Materi Membaca Teks
Tanggapan Kelas IX Masa Pandemi Covid-19 Di Smpn 1 Sukaresik. Penelitian ini
dilatarbelakangi kekurangtepatan penggunaan media pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran pada materi membaca teks tanggapan.Solusi yang
dikedepankan adalah dengan menggunakan media pembelajaran balon kalimat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1)Bagaimanakah bentuk
perencanaan teks tanggapan dengan menggunakan media balon kalimat melalui
daring; 2) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media balon kalimat
melalui daring; 3) Bagaimanakah perubahan kemampuan siswa dalam memahami
teks tanggapan setelah menggunakan media balon kalimat. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan rumusan masalah tersebut. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain
penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik studi pustaka ,teknik observasi,teknik pembelajaran,teknik
tes, dan teknik analisis. Setelah data-data diolah dan dianalisis ,maka simpulan hasil
penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. 1).Perencanaan pembelajaran
teks tanggapan dengan menggunakan balon kalimat, mengacu pada perencanaan
kurikulum 2013 yaitu (1) Rumusan Identitas Sekolah; (2) Rumusan Identitas Mata
Pelajaran; (3) Rumusan Kelas/Semester;(4) Rumusan Tujuan Pembelajaran; (5)
Materi Pokok; (5) Rumusan Alokasi Waktu; (6) Rumusan Tujuan Pembelajaran;(7)
Rumusan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi; (8)Rumusan
Materi Pembelajaran;(9) Rumusan Metode Pembelajaran; (10) Rumusan Media
Pembelajaran; (11) Rumusan Sumber Belajar; (12) Rumusan langkah-langkah
pembelajaran; (13) Rumusan Penilaian Hasil Pembelajaran. 2).Langkah-langkah
penggunaan media balon kalimat dalam pembelajaran pada materi membaca teks
tanggapan adalah sebagai berikut. Langkah pertama pada kegiatan inti yaitu siswa
mengidentifikasikan teks tanggapan yang sudah di baca dan kemudian di
simpulkan. Langkah selanjutnya adalah menanya. Siswa mempertanyakan
informasi apa yang harus di kumpulkan tentang materi teks tanggapan berdasarkan
media balon kalimat. Langkah ketiga dalam kegiatan inti yaitu
mengekspolarasi/mengumpulkan informasi.Siswa mencari data tentang teks
tanggapan. Langkah keempat yaitu mengasosiasi. Siswa melakukan latihan soal
teks tanggapan yang sudah disajikan. Langkah kelima adalah
mengkomunkasikan.Pada kegiatan ini, siswa mempresentasikan hasil
jawabannya.3).Pelaksanaaan pembelajaran di kelas eksperimen,pembelajaran pada
iv
materi membaca teks tanggapan dengan menggunakan media balon kalimat.
Berdasarkan hasil tes awal (prates) diketahui perolehan rata-rata yaitu 64,76,
sedangkan pada tes akhir (pascates) di ketahui perolehan rata-rata yaitu 82,38.
Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa bukti selisih antara tes
awal dan tes akhir yaitu 17,62. Dari hasil perhitungan uji t juga diperoleh C.R. > t
dengan nilai 7,69 > 1,684. |
en_US |