dc.description.abstract |
LESI SALYSATUL HAYATI (2118170051). Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kecerdasan Logis Siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
ditinjau dari kecerdasan logis yang berkategori tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII di salah satu
SMP Negeri yang berada di Cikoneng, Ciamis tahun ajaran 2020/2021 dengan
cara mengisi angket kecerdasan logis, melakukan tes kemampuan pemecahan
masalah matematis berupa 4 butir soal uraian, dan wawancara kepada 6 orang
siswa dengan penentuan subjek menggunakan Purposive Sampling.
Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat didefinisikan melalui soal
pemecahan masalah dengan langkah (1) Memahami masalah, (2) Menyusun
rencana pemecahan masalah, (3) Melaksanakan rencana penyelesaian, (4)
Memeriksa kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan
pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecerdasan logis rendah mampu
memahami soal, tetapi kurang mampu dalam menyusun rencana pemecahan
masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu memeriksa
kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari
kecerdasan logis sedang mampu memahami soal, menyusun rencana
pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu
memeriksa kembali. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau
dari kecerdasan logis tinggi mampu memahami soal, menyusun rencana
pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan kurang mampu
memeriksa kembali.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kecerdasan Logis,
SPLDV |
en_US |