Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENANG

Show simple item record

dc.contributor.author AWANIS, GAISANI
dc.contributor.author Rohendi, Andang
dc.contributor.author Sugiawardana, Ruli
dc.date.accessioned 2022-08-09T04:28:12Z
dc.date.available 2022-08-09T04:28:12Z
dc.date.issued 2020-08-10
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1540
dc.description.abstract GAISANI AWANIS, 2124160106. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Pendekatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Renang”. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Bapak Andang Rohendi, M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ruli Sugiawardana, M.Pd., selaku pembimbing II. Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Pengaruh Penerapan Pendekatan Bermain Terhadap Motivasi Belajar Renang”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar renang pada siswa SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre-experimental designs. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Manonjaya sebanyak 56. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI sebanyak 15 siswa putra. Berdasarkan hasil penghitungan uji homogenitas kesamaan dua variansi sampel pada taraf nyata () = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) pembilang (14) dan dk penyebut (14) dari daftar distribusi F diperoleh F tabel (14:14) sebesar 2,48. Kriteria pengujian adalah: Tolak hipotesis Ho jika F  F ½ (V1 ; V2) karena F hitung (2,34) lebih kecil dari F tabel (2,48) maka hipotesis Ho diterima, dengan kata lain variansi data tersebut adalah homogen. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Secara umum motivasi siswa SMA Negeri 1 Manonjaya setelah diberikan perlakuan pembelajaran pendekatan bermain meningkat. 2. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberi pembelajaran permainan. Ini bermakna bahwa pendekatan pembelajaran permainan dapat meningkatkan secara signifikan terhadap motivasi belajar renang pada siswa SMA Negeri 1 Manonjaya. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENANG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account