dc.description.abstract |
NOVIA FAUZIAH. (2118170007). Analisis Kemampuan Penalaran
Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan
penalaran matematis berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus.Objek
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu Madrasah
Tsanawiyah daerah Ciamis Kecamatan Baregbeg sebanyak sembilan
orang.Pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar tipe visual
yang memiliki kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dapat
menyelesaikan soal penalaran matematis yang diberikan, dengan hambatan
kurangnya ketelitian, terpengaruh oleh rekan. Siswa dengan gaya belajar
auditori dan memiliki kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah dapat
menyelesaikan soal penalaran matematis yang diberikan, dengan hambatan
siswa lebih tertarik jika menyelesaikan soal dengan cara berdiskusi. Siswa
dengan gaya belajar kinestik dan memiliki kemampuan penalaran tinggi,
sedang dan rendah dapat menyelesaikan soal penalaran matematis yang
diberikan, dengan hambatan siswa merasa bosan jika terus-menerus belajar
di kelas, kurang minat terhadap mata pelajaran matematika dan tidak bisa
diam sehingga waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal banyak
terbuang.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Gaya Belajar |
en_US |