Abstract:
Fikri Jaki Ramdani. NIM. 2124170170. Pengaruh Model Pembelajaran Sport
Education Model (SEM) terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) dalam
Efektivitas Pembelajaran Penjas. Bimbingan dilaksanakan di bawah bimbingan
Bapak Dr. Nana Sutisna, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Ibu Risma M.Si, M.Pd.
selaku Pembimbing II.
Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di Sekolah.
Proses pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Penjas, penulis masih
melihat terdapat kurang optimalnya dalam waktu aktif belajar (WAB). Salah satu
upaya untuk meningkatan kelemahan tersebut adalah dalam penggunaan model
pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat
meningkatkan kelemahan-kelemahan yang selama ini terjadi dalam proses KBM
Penjas. Model pemmbelajaran Sport Education Model dapat dijadikan salah satu
alternati, dan menjadi sorotan penulis dalam penelitian. Berdasarkan pada hal
tersebut, maka penulis mengangkat judul Pengaruh Model Pembelajaran Sport
Education (SEM) terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar (JWAB) dalam
Efektivitas Pembelajaran Penjas. Metode dalam penelitian ini, penulis
menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain
penelitian Pre-Experimental Design dengan model one shot case study, dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jumlah 15
orang siswa kelas X MA AL-HASAN tahun ajaran 2020-2021. Data mentah yang
diperoleh oleh penulis, selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan SPSS,
kemudian didapat hasilnya menunjukan data signikansi (sig) 0,809 > 0,05
menyatakan data berdistribusi normal. Hal tersebut mengandung arti bahwa
terdapat pengaruh yang sinifikan penggunaan model SEM terhadap peningkatan
JWAB dalam efektivitas pembelajaran Penjas.