Unigal Repository

PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DALAM TENIS MEJA

Show simple item record

dc.contributor.author GUSDIAN, OPIK
dc.contributor.author Kardani, Gani
dc.contributor.author Risma
dc.date.accessioned 2022-08-08T04:49:47Z
dc.date.available 2022-08-08T04:49:47Z
dc.date.issued 2021-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1507
dc.description.abstract OPIK GUSDIAN. 2124170080. “Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Dalam Tenis Meja”. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Bapak Gani Kardani, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ibu Risma, S.Si., M.Pd., selaku pembimbing II. Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Dalam Tenis Meja”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’ Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true-eksperiment design, salah satu desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomize pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung sebanyak 30 0rang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 0rang. Berdasarkan tabel tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap peningkatan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung, yaitu dengan diperolehnya nilai thitung=0,21, karena thitung > ttabel atau 0,21 > 2,048, dengan nilai ttabel(α)=0,05 dengan dk=(n1+n2-2), yaitu diperoleh t-tabel = 2,048. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik, maka penulis menemukan beberapa kesimpulan, yaitu sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bagian terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung. 3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung, artinya latihan pukulan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran bagian lebih signifikan dilakukan dibandingkan dengan latihan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran keseluruhan dalam upaya peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.title PERBANDINGAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DALAM TENIS MEJA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account