dc.description.abstract |
OPIK GUSDIAN. 2124170080. “Perbandingan Pengaruh Metode Pembelajaran
Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand Dalam Tenis
Meja”. Selama penulisan skripsi ini, penulis dibawah bimbingan Bapak Gani
Kardani, Drs., M.Pd., sebagai pembimbing I dan Ibu Risma, S.Si., M.Pd., selaku
pembimbing II.
Penelitian yang penulis lakukan yaitu “Perbandingan Pengaruh Metode
Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Pukulan Forehand
Dalam Tenis Meja”. Penelitian ini tentu memiliki sasaran serta tujuan yang akan
diambil. Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bagian dan
keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada
siswa kelas VIII SMP Ma’ Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah true-eksperiment design, salah satu
desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomize pretest-posttest
group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU
Nurul Qur’an Rancapasung sebanyak 30 0rang. Sampel yang digunakan sebanyak
30 0rang.
Berdasarkan tabel tersebut, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang
signifikan antara metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap
peningkatan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU
Nurul Qur’an Rancapasung, yaitu dengan diperolehnya nilai thitung=0,21, karena
thitung > ttabel atau 0,21 > 2,048, dengan nilai ttabel(α)=0,05 dengan dk=(n1+n2-2),
yaitu diperoleh t-tabel = 2,048. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik,
maka penulis menemukan beberapa kesimpulan, yaitu sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bagian terhadap
peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII
SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung.
2. Terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran keseluruhan
terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja pada siswa
kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung.
3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran bagian dan
keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan pukulan forehand tenis meja
pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul Qur’an Rancapasung, artinya
latihan pukulan forehand tenis meja dengan metode pembelajaran bagian lebih
signifikan dilakukan dibandingkan dengan latihan forehand tenis meja dengan
metode pembelajaran keseluruhan dalam upaya peningkatan keterampilan
pukulan forehand tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Ma’Arif NU Nurul
Qur’an Rancapasung. |
en_US |