Abstract:
Andri Setiawan (2124170050). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching
terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Proses penyusunan skripsi
di bawah bimbingan Bapak Dr. Nana Sutisna, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu
Risma, M.Si., M.Pd. selaku pembimbing II.
Hasil pembelajaran Penjas, masih terdapat kelemahan-kelemahan.
Kelemahan tersebut sala satunya adalah masih rendahnya waktu aktif belajar
(WAB). Penggunaan model pembelajaran merupakan salah satu factor yang
menjadi sorotan peneliti. Model pembelajaran yang digunakan banyak alternatif
yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan kelemahan-kelamahan yang
ada selama ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran
peer teaching terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitan One Shot Case Study, Adapun
teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar.
Berdasarkan data hasil penelitian yang dilakukan pada siswa dengan jumlah
sampel 15 orang, siswa MA Al-Hasan Babakan diketahui untuk nilai sig untuk
data peer teaching nilai sig 0,222 >0,05 artinya berdistribusi normal.
Kata Kunci; Peer Teaching, Pembelajaran Pendidikan Jasmani