Unigal Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 SUKADANA (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengkoperasian dalam Perekonomian Indonesia Kelas X MIPA)

Show simple item record

dc.contributor.author Nawang Wulan, Dewi
dc.contributor.author Herman, Maman
dc.contributor.author Andhika Putra, Rizka
dc.date.accessioned 2022-08-06T07:20:59Z
dc.date.available 2022-08-06T07:20:59Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1484
dc.description.abstract Dewi Nawang Wulan (2107170034) “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sukadana (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengkoperasian dalam Perekonomian Indonesia Kelas X MIPA)” dibawah bimbingan Dr. Maman Herman, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Rizka Andhika Putra, S.Pd.,M.M. selaku pembimbing II. Menurut beberapa penelitian terdahulu, kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang terlatih dikarenakan pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe yang digunakan Pretest-Posttest Control Grup Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan uji N-Gain. Populasi terdiri dari 44 orang peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 23 orang dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) memperoleh peningkatan rata-rata yang baik (tinggi) dengan N-GAIN 0,78 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (sedang) dengan N-GAIN 0,44 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sukadana. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) dan Model Pembelajaran Konvensional. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) dan Model Pembelajaran Konvensional. en_US
dc.title PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 SUKADANA (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengkoperasian dalam Perekonomian Indonesia Kelas X MIPA) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account