dc.description.abstract |
Dewi Nawang Wulan (2107170034) “Perbedaan Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Course Review Horay (CRH) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran
Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sukadana (Studi
Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengkoperasian dalam
Perekonomian Indonesia Kelas X MIPA)” dibawah bimbingan Dr. Maman
Herman, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Rizka Andhika Putra, S.Pd.,M.M.
selaku pembimbing II.
Menurut beberapa penelitian terdahulu, kemampuan berpikir kritis peserta
didik kurang terlatih dikarenakan pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir
kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course
Review Horay (CRH) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest). (2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review
Horay (CRH) dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada
pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design dengan tipe yang digunakan Pretest-Posttest Control Grup
Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product
moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan
normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan
uji N-Gain. Populasi terdiri dari 44 orang peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas
yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan kelas X
MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 23 orang dan semuanya digunakan sebagai
sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pengukuran
awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH)
memperoleh peningkatan rata-rata yang baik (tinggi) dengan N-GAIN 0,78 dan
kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh
peningkatan rata-rata yang cukup (sedang) dengan N-GAIN 0,44 pada mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sukadana.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Course Review Horay (CRH) dan Model Pembelajaran Konvensional. |
en_US |