Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 3 CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia)

Show simple item record

dc.contributor.author Suci Pratiwi, Galuh
dc.contributor.author Suwirta, Utti
dc.contributor.author Dedeh
dc.date.accessioned 2022-08-06T07:11:57Z
dc.date.available 2022-08-06T07:11:57Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1479
dc.description.abstract Galuh Suci Pratiwi (2107170021) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 3 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia)” penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra. M.Pd. dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, karena kemampuan berpikir kreatif juga sangat penting bagi perkembangan mental dan perubahan pola pikir peserta didik sehingga diharapkan proses belajar dapat berhasil, maka pendidikan dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, belum maksimalnya kemampuan berpikir kreatif dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) di kelas kontrol. (3) pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensonal pada pengukuran akhir di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA MAN 3 Ciamis dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh . Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pengukran awal (pretest) rata-rata nilai 46,79 dan pengukuran akhir (posttest) rata-rata nilai 89,36 dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,79 dengan kategori tinggi; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan motode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) rata-rata nilai 49,50 dan penilaian akhir (posttest) rata-rata nilai 73,57 dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,44 dengan kategori sedang; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan motode pembelajaran konvensonal pada pengukuran akhir berdasarkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,75 > 1,70562 dengan taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 26. Kata kunci : Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kreatif en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kreatif en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN 3 CIAMIS (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account