Abstract:
Galuh Suci Pratiwi (2107170021) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Koopratif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir
Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 3 Ciamis (Studi Quasi
Eksperimen pada Kompetensi Dasar Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat
Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia)” penulisan skripsi ini dibawah
bimbingan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra. M.Pd. dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan berpikir kreatif peserta didik merupakan masalah dalam penelitian
ini, karena kemampuan berpikir kreatif juga sangat penting bagi perkembangan mental
dan perubahan pola pikir peserta didik sehingga diharapkan proses belajar dapat
berhasil, maka pendidikan dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk
mencapai keberhasilan, belum maksimalnya kemampuan berpikir kreatif dilatar
belakangi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe
yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada
pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2)
Perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) di kelas
kontrol. (3) pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan
model pembelajaran konvensonal pada pengukuran akhir di kelas kontrol. Metode
penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rumus N-Gain dan
uji t-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA MAN 3
Ciamis dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh .
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir
kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Numbered
Heads Together (NHT) pada pengukran awal (pretest) rata-rata nilai 46,79 dan
pengukuran akhir (posttest) rata-rata nilai 89,36 dengan rata-rata nilai N-Gain bernilai
0,79 dengan kategori tinggi; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta
didik yang menggunakan motode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal
(pretest) rata-rata nilai 49,50 dan penilaian akhir (posttest) rata-rata nilai 73,57 dengan
rata-rata nilai N-Gain bernilai 0,44 dengan kategori sedang; 3) Terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan motode pembelajaran
konvensonal pada pengukuran akhir berdasarkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu
6,75 > 1,70562 dengan taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 26.
Kata kunci : Model Pembelajaran Koopratif Tipe Numbered Heads Together
(NHT), Berpikir Kreatif