Abstract:
Penelitian ini berjudul Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Seni Ebeg di
Kecamatan Langensari Kota Banjar. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu
minimnya bahan ajar yang berkaitan dengan kebudayaan yang berada di
lingkungan tempat tinggal peserta didik dan bahan ajar yang tersedia kurang
menarik, inovatif, dan kreatif untuk peserta didik, sehingga pendidik dituntut
memilih bahan ajar yang efektif dan sesuai dengan kebudayaan peserta didik
tinggal, maka dengan hal tersebut memanfaatkan pertunjukan seni Ebeg yang
dikaji berdasarkan nilai pendidikan untuk dijadikan bahan ajar sastra cerita rakyat
jenjang SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut
Sukardi, nilai-nilai yang diteliti meliputi, nilai pendidikan religius, nilai
pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya, dan nilai
pendidikan estetis. Sumber data pada penelitian ini video pertunjukan seni Ebeg,
ketua dan sinden pertunjukan seni Ebeg. Tujuan dari penelitian ini yaitu
mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam pertunjukan seni Ebeg di
Kecamatan Langensari Kota Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu menggunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik
pengumpulan data diantaranya teknik observasi, teknik wawancara dan teknik
dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut, nilai
pendidikan dalam pertunjukan seni Ebeg terdapat lima aspek kajian dengan
masing-masing indikatornya yaitu; 1) Nilai religius meliputi berdoa kepada tuhan,
bersyukur kepada tuhan dan menghormati leluhur, 2) Nilai Moral meliputi
memberi nasihat dan bertanggung jawab, 3) Nilai sosial meliputi gotong royong
dan toleransi, 4) Nilai budaya meliputi adat istiadat dan kepercayaan, 5) Nilai
estetis meliputi gerak tari, tata rias dan tata busana.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Seni Ebeg