Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAWALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Kompetensi Dasar : Kerjasama Ekonomi Internasional)

Show simple item record

dc.contributor.author Wahdah, Rena
dc.contributor.author Agustin Eka Yanti, Rini
dc.contributor.author Suwirta, Utti
dc.date.accessioned 2022-08-06T06:54:59Z
dc.date.available 2022-08-06T06:54:59Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1473
dc.description.abstract Rena Wahdah (2107160001) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kawali Tahun Pelajaran 2019/2020 (Kompetensi Dasar : Kerjasama Ekonomi Internasional)” penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra., M.Pd. Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proes pembelajaran, maka guru dituntut untuk mecar berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, rendahnya motivasi belajar siswa dilatarbelakangi oleh bebagai faktor diantarnya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh guru, adapun tujuan dari penelitian ini: 1) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan mktivasi belajar siswa yang menerapkan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan jenis desainnya yaitu Nonequivalent Contol Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut :1) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada pengukuran akhir (posttest) siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan mktivasi belajar siswa yang menerapkan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Motivasi Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KAWALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Kompetensi Dasar : Kerjasama Ekonomi Internasional) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account