Abstract:
Ine Sindy (2107160006) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tipe Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Dasar Badan Usaha di Kelas X SMA Negeri 1 Ciamis)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. dan Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd.
Rendahnya hasil belajar merupakan permasalahan yang sangat krusial dalam pembelajaran, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya kurangnya keaktifan peserta didik karena penggunaan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model Pembelajaran broblem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design dan analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest); dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning tipe discovery dengan yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (postest) .
Kata Kunci : problem based learning, discovery, hasil belajar.