Abstract:
Penelitian ini berjudul “Sikap Bahasa Siswa dalam Proses Pembelajaran di SMK
Nurul Huda Panumbangan”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini
yaitu siswa di lingkungan SMK Nurul Huda Panumbangan tidak hanya berasal
dari Jawa Barat saja, tetapi ada yang berasal dari luar Jawa Barat seperti Jawa
Timur, Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya sehingga memunculkan siswa
yang bilingual bahkan multilingual dan harus menentukan bagaimana sikap
bahasa siswa. Berdasarkan hal tersebut yang mejadi rumusan masalah penelitian
ini adalah Bagaimana sikap bahasa siswa terhadap bahasa Indonesia?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa terhadap bahasa
Indonesia dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X. 1 TKJ dan X.1 ATU di SMK Nurul Huda Panumbangan sebanyak
49 responden yang mengisi angket, data yang telah terkumpul selanjutnya diolah
dan dianalisis sehingga memperoleh data berikut. Sikap bahasa siswa kelas dalam
proses pembelajaran di SMK Nurul Huda Panumbangan tergolong tinggi yaitu
kesetiaan bahasa berdasarkan rekapitulasi jawaban responden dalam angket
memperoleh skor 1792 dengan persentase 73,1% dengan kategori kesetiaan
terhadap bahasa Indonesia tinggi. Kebanggaan bahasa berdasarkan rekapitulasi
jawaban responden dalam angket memperoleh skor 1983 dengan persentase
80,9% kategori kebanggaan terhadap bahasa Indonesia tinggi. Kesadaran akan
norma bahasa berdasarkan rekapitulasi jawaban responden dalam angket
memperoleh skor 1794 dengan persentase 73,2% kategori kesadaran akan norma
bahasa Indonesia tinggi. Berdasarkan simpulan di atas, sikap bahasa masyarakat
terhadap bahasa Indonesia yang mencakup kesetiaan bahasa (language loyalty),
kebanggaan bahasa (language pride) dan kesadaran adanya norma bahasa
(awareness of the norm) menunjukkan sikap yang positif.
Kata kunci: sikap bahasa, siswa, sikap positif.