dc.contributor.author |
Hasna Munzila, Yulia |
|
dc.contributor.author |
Rohaeni, Eni |
|
dc.contributor.author |
Ruhyanto, Ahyo |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-06T06:18:51Z |
|
dc.date.available |
2022-08-06T06:18:51Z |
|
dc.date.issued |
2021-07-17 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1460 |
|
dc.description.abstract |
Yulia Hasna Munzila (2107170020) “Pengaruh Model Pembelajaran Probing
Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen pada
Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat
Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia di Kelas X IPA). Penulisan skripsi
ini dibawah bimbinngan Hj. Eni Rohaeni, Dra., MM. dan H. Ahyo Ruhyanto,
Drs., M.Pd.
Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu masalah yang harus
segera diperbaiki. salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran
yang masih berpusat pada guru, oleh karena itu pendidik dituntut untuk
mengembangkan model pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran
yang memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model
Probing Prompting. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Apakah terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
Probing Prompting pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post
tes) di kelas eksperimen; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal
(pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas kontrol; 3) Apakah terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
Probing Prompting dengan peserta didik yang menggunakan metode
pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir
(post tes).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting
pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas
eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir
(post tes) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan peserta
didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada
pengukuran akhir (post tes). Metode penelitian yang digunakan metode
eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Grup Design dan
analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat
perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan
Model Probing Prompting dengan yang menggunakan metode pembelajaran
konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci : Probing Prompting, Hasil Belajar |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Probing Prompting, Hasil Belajar. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TERPADU AR RISALAH (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia di Kelas X IPA) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |