Unigal Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TERPADU AR RISALAH (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia di Kelas X IPA)

Show simple item record

dc.contributor.author Hasna Munzila, Yulia
dc.contributor.author Rohaeni, Eni
dc.contributor.author Ruhyanto, Ahyo
dc.date.accessioned 2022-08-06T06:18:51Z
dc.date.available 2022-08-06T06:18:51Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1460
dc.description.abstract Yulia Hasna Munzila (2107170020) “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia di Kelas X IPA). Penulisan skripsi ini dibawah bimbinngan Hj. Eni Rohaeni, Dra., MM. dan H. Ahyo Ruhyanto, Drs., M.Pd. Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu masalah yang harus segera diperbaiki. salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru, oleh karena itu pendidik dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model Probing Prompting. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas eksperimen; 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas kontrol; 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretes) dan pengukuran akhir (post tes) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (post tes). Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Grup Design dan analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik yang menggunakan Model Probing Prompting dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Probing Prompting, Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Probing Prompting, Hasil Belajar. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TERPADU AR RISALAH (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia di Kelas X IPA) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account